Selamat datang di blog resmi SMPN 38 Surabaya | Hijaukan lingkungan kita dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Ayo berlomba - lomba menjadi yang terbaik | Kirim kritik dan saran anda lewat email dengan cara klik disini
Anda sedang menggunakan template v2 Beta 4

Rabu, 23 Mei 2012

PPDB surabaya 2012


Untuk PPDB tahun pelajaran 2012/2013 ada beberapa perubahan yang perlu diperhatikan oleh orang tua/wali calon peserta didik, antara lain :
  1. Seleksi akademis menggunakan nilai Ujian Nasional (UN)
  2. Calon Peserta Didik tamatan sekolah di Surabaya tetapi bukan warga Kota Surabaya (untuk selanjutnya disebut Rekomendasi Dalam Kota), diberi kesempatan untuk sekolah di Surabaya dengan pagu 1 % (satu prosen) baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.
  3. Calon Peserta Didik tamatan sekolah Luar Kota tetapi warga Kota Surabaya (untuk selanjutnya disebut Mutasi) tidak dikenakan pagu 1 % (satu prosen) .
PPDB/PSB dengan konsep tanpa  kertas ini masih dijadikan basis pelayanan dan terus ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa  dan  orang tua (masyarakat) dalam melakukan pendaftaran. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran di rumah, di sekolah-sekolah negeri yang siap membantu, di semua  lokasi yang memiliki akses internet, dimana saja sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Hal ini disebabkan karena konsep yang digunakan dalam PPDB adalah  berbasis WEB.
Meskipun demikian, PPDB yang berbasis WEB ini masih dimungkinkan menimbulkan kekhawatiran Orang Tua/wali dan masyarakat tentang sulitnya melakukan pendaftaran, maka Dinas Pendidikan Kota Surabaya melakukan berbagai upaya agar kekhawatiran itu  dapat diminimalisir, antara lain :
  • Menyederhanakan cara pendaftaran lewat internet
  • Semua calon siswa yang berasal dari SD/SDLB/MI/SMP/SMPLB/MTs sebanyak lebih kurang 80.000 calon siswa diberikan panduan bagaimana cara mendaftar
  • Bekerjasama dengan berbagai pihak dalam sarana prasarana,  sosialisasi,  maupun membantu pendaftaran
  • Memberi kesempatan untuk mencoba (latihan pendaftaran) sebanyak 4 (empat) kali.
  • Menyediakan tenaga-tenaga  (helper) yang siap membantu calon peserta didik untuk melakukan pendaftaran baik disekolah-sekolah, mobil keliling, dan tempat-tempat strategis.
Harapan Dinas Pendidikan, dengan langkah-langkah tersebut diatas, tidak ada lagi alasan untuk tidak mendaftar karena kesulitan proses pendaftaran dengan mengedepankan motto : Semua anak usia sekolah di Surabaya harus sekolah.
Sistem PPDB ini masih perlu banyak  perbaikan untuk menuju ke kesempurnaan, untuk itu tegur sapa dari  insan  Teknologi Informasi, Pemerhati Pendidikan, dan semua  elemen masyarakat kami  nantikan untuk perbaikan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat  umumnya dan kepada calon-calon siswa sebagai penerus bangsa
Tidak lupa  saya sampaikan kepada calon peserta didik baru  yang belum beruntung  belajar di SMP/SMA/SMK Negeri untuk tidak berkecil hati, karena Pemerintah Kota Surabaya mempunyai  perhatian yang sama antara sekolah swasta dengan sekolah negeri


klik link dibawah ini untuk masuk ke situs resmi ppdb surabaya 2012/ 2013 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More